Catalyst for Good Governance (Company Secretary)
Dosen: Bpk. Wijaya Kusuma S.
Tanggal: Rabu, 18 May 2011
Seorang Sekretaris Perusahaan adalah posisi senior di pribadi perusahaan atau organisasi publik, biasanya dalam bentuk posisi manajerial atau di atas. Di Amerika Serikat dikenal sebagai company secretary.
Sekretaris Perusahaan bertanggung jawab atas administrasi efisien sebuah perusahaan, terutama berkaitan dengan memastikan kepatuhan dengan persyaratan dan peraturan perundang-undangan dan untuk memastikan bahwa keputusan Dewan Direksi dilaksanakan.
Sekretaris perusahaan memastikan bahwa organisasi sesuai dengan undang-undang dan peraturan yang relevan, dan mengingatkan kepada anggota dewan atas tanggung jawab hukum mereka. Sekretaris perusahaan mewakili perusahaan ternama pada dokumen hukum, dan merupakan tanggung jawab mereka untuk memastikan bahwa perusahaan dan direksi perusahaan beroperasi dalam hukum. Hal ini juga tanggung jawab mereka untuk berkomunikasi dengan para pemegang saham, untuk memastikan bahwa dividen dibayar dan untuk memelihara catatan perusahaan, seperti daftar direksi dan pemegang saham, dan laporan tahunan.Di banyak negara, perusahaan swasta secara tradisional telah diwajibkan oleh hukum untuk menunjuk satu orang sebagai sekretaris perusahaan, dan orang ini juga akan biasanya menjadi anggota dewan senior.
Pada dasarnya seseorang company secretary memiliki 4 tugas utama, yaitu:
1. Office of The Board
- Memastikan ketersediaan informasi dalam pengambilan keputusan oleh dewan komisaris dan dewan direksi.
- Memastikan kehadiran peserta rapat.
2. Compliance
- Menyampaikan semua kebijakan dan peraturan perusahaan terhadap seluruh staf perusahaan.
3. Investor Relations
- Memastikan informasi diterima oleh Dewan Direksi dan Dewan Komisaris tepat waktu.
- Menjalin komunikasi yang baik dengan seluruh pemegang saham.
4. Corporate Communications
- Membantu pelaksanaan program perusahaan.
- Membangun citra positif perusahaan.
0 komentar:
Posting Komentar